Saturday, 11 February 2017

Menakjubkannya Musim Dingin di Negeri Matahari Terbit



"Nama asli Jepang (dalam bahasa Jepang) adalah Nihon (日本) yang mana huruf tersebut berarti “asalnya matahari”. Secara kasar dapat diterjemahkan menjadi “negeri matahari terbit”". (Japanesestation.com)
Bila kita berbicara Negeri Jepang selalu saja ada ya hal-hal yang menakjubkan. Baik itu kemajuan teknologinya, hebatnya sumber daya manusianya, ataupun kekhasan kultur budaya, beberapa hal yang membuat negeri matahari terbit ini begitu maju hingga sekarang. Nah masih tentang Jepang, kali ini saya ingin membahas atau mengupas hal-hal lain yang membuat saya takjub dengan Jepang. Hal menakjubkan ini adalah hal yang kita tidak bisa temukan di Indonesia tapi bisa kita temukan di Jepang, apa itu? yaitu Musim Dingin.

Tahukah sobat, di Jepang, musim dingin itu selalu disambut dengan antusias. Warga disana seakan tidak khawatir dengan aktivitas di dinginnya suhu yang bisa saja mencekik. Tak mau kalah, meski berasal dari negara tropis, turis Indonesia juga begitu antusias loh dengan musim dingin di Jepang, hal ini dapat dilihat dari tingginya tingkat kunjungan wisatawan Indonesia pada saat musim dingin ke negeri matahari terbit ini. Melihat hal ini, Pemerintah Jepang sendiri juga sedang semangat-semangatnya mempromosikan wisata musim dingin disana agar lebih lagi menjadi pilihan banyak warga kita yang ingin berlibur. Jika saya punya kesempatan ke Jepang, saya ingin sekali mengunjunginya di musim dingin.


Bagi saya, Jepang punya nilai tersendiri. Negeri matahari terbit ini adalah negeri dari berbagai anime yang seringkali saya tonton. Yang unik, banyak anime-anime Jepang bahkan memiliki plot dan latar cerita yang disesuaikan dengan kota-kota di Jepang. Misalnya dalam Detective Conan Movie: Sniper From Another Dimension, latar cerita benar-benar disesuaikan dengan Kota Tokyo, baik jalan raya, sistem transportasi, maupun Sky Tree. Suatu saat saya ingin sekali berkunjung ke Sky Tree tuk melihat seluruh kota ini dari atas.

Latar Kota Tokyo dalam Detective Conan Movie: Sniper From Another Dimension
sumber gambar: screenshot Detective Conan Movie

Di Tokyo saya ingin merasakan langsung dinamika masyarakat yang begitu sibuk. Disini katanya kita dapat melihat ratusan orang berjalan ke tujuan masing-masing namun begitu teratur. Banyak tempat-tempat amazing di Tokyo yang ingin saya kunjungi semisal monumen hachiko, melihat pusat mode Harajuku, berfoto dengan Liberty Jepang di Odaiba, melihat sakura bermekaran di musim semi, dan bahkan ketemu AKB48 di Akihabara.


Hebatnya lagi, Tokyo ataupun Jepang akan terlihat lebih indah di musim semi dan musim dingin, di musim semi kita bisa menyaksikan bunga-bunga sakura banyak bermekaran sehingga jalanan-jalanan di jepang akan berubah warna dan terlihat menjadi lautan pink yang memukau. Sedang di musim dingin semua berubah menjadi putih karena butiran salju yang turun perlahan-lahan dan memenuhi ruas-ruas jalan, atap rumah dan pepohonan.
Di Jepang ada banyak hal yang bisa dilakukan di musim dingin. Salah satunya yang paling terkenal adalah bermain Ski. Ada lebih dari 500 resort ski di Jepang, yang bervariasi mulai dari resort kecil hingga besar. Resort terbaik dengan kondisi salju yang banyak, dapat ditemukan di Utara Jepang (Hokkaido dan Tohoku) dan di pegunungan sepanjang Laut Jepang Coast (terutama Niigata dan Nagano). Bagi mereka yang tertarik dengan olahraga salju seperti bermain ski atau snowboard, kebanyakan resor memiliki zona bermain yang dirancang untuk keluarga dengan anak-anak kecil. Ya saya ingin sekali berski di beberapa Ski Resort yang terkenal di Jepang berikut ini:


1. Niseko
Niseko adalah sebuah kota dengan resort salju spektakuler di Hokkaido, mungkin merupakan resort ski paling banyak dikunjungi oleh wisatawan asing terutama Inggris. Pemandangan salju yang fantastis dilihat dari Mt. Yotei membuat tempat ini menjadi tujuan wisata yang sangat populer.

Niseko, Sumber Gambar: www.niseko.ne.jp
2. Shiga Kogen
Shiga Kogen di Yamanouchi memiliki wilayah skiable terbesar di Jepang. Daerah ini terdiri dari lebih dari 20 resor, sebagian besar dihubungkan dengan ski.

Shiga Kogen, Sumber Gambar: www.princehotels.com
3. Hakuba
Hakuba adalah kota ski dan snowboard populer yang terletak di barat laut dari Prefektur Nagano. Happoone Resort menjadi tuan rumah dalam Olimpiade Musim Dingin 1998 Nagano

Hakuba, Sumber Gambar: www.snow-forecast.com
4. Yuzawa
Dengan salju yang sangat baik, air panas dan lebih dari dua puluh resor ski menjadikan Yuzawa sebagai tujuan dalam olahraga salju. Hampir semua resor di daerah ini dapat diakses oleh transportasi umum dan menawarkan taman bermain anak-anak.

Yuzawa, Sumber Gambar: www.jp-rail-sg.com
5. Karuizawa
Terbuka pada awal november, Karuizawa Prince Ski Resort adalah salah satu resor yang paling pertama buka meskipun dengan salju buatan manusia. Karuizawa adalah liburan gunung kelas atas dilengkapi dengan outlet mall sebesar resor.

Karuizawa, Sumber Gambar: nihon-kankou.or.jp.e.wp.hp.transer.com
Untuk menikmati Ski Resort diatas yang lokasinya jauh dari Tokyo, saya ingin bisa menaiki kereta super cepat Shinkansen yang terkenal karena waktu tempuhnya yang sangat cepat.


Shinkansen merupakan sarana utama untuk angkutan antar kota di Jepang, selain pesawat terbang. Kecepatan tertingginya bisa mencapai 300 km/jam. Dalam sejarah, Shinkansen pertama kali dibuka pada 1 Oktober 1964 untuk menyambut Olimpiade Tokyo. Jalur ini langsung sukses melayani 100 juta penumpang kurang dari 3 tahun sejak dibuka pada tanggal 13 Juli 1967, dan melayani satu milyar penumpang pada 1976.

Shinkansen Kyushu, Sumber Gambar: www.wikipedia.org
Pada mulanya Shinkanshen dari Tokyo ke Shin-Osaka (515,4km) memakan waktu kira-kira 4 jam. Pada 1992, Shinkanshen model baru ‘Nazomi’ yang dapat menghasilkan kecepatan 270 km/jam telah menghasilkan perjalanan yang singkat. Rancangan penggunaan landasan kereta api linear motor car pada abad ke-21 yang akan datang ini diharapkan akan menambah kecepatan Shinkansen.

Shinkansen: Sumber Gambar: www.japantimes.co.jp
Mengenai keamanan kita tidak perlu khawatir, tidak ada daftar kecelakaan yang berakibat fatal dalam pengoperasian Shinkansen sejak sekitar 40 tahun yang lalu. Namun memang ada beberapa orang yang terluka akibat satu kefatalan dikarenakan pintu yang menjepit penumpang atau bahkan barang mereka. Selain itu ada juga beberapa percobaan bunuh diri oleh penumpang. Karena itu beberapa stasiun telah memasang pagar pelindung.

Untuk menghadapi gempa bumi kereta ini dilengkapi dengan sistem pendeteksian yang akan memberhentikan kereta bila gempa bumi terdeteksi. Pada gempa bumi Chuetsu di Oktober 2004 sebuah Shinkansen yang dekat dengan pusat gempa lepas dari relnya, namun tidak ada penumpang yang terluka. Kereta generasi berikutnya, Fastech 360 akan memiliki sayap rem penahan angin (yang mirip dengan kegunaan telinga) untuk membantu proses pemberhentian bila gempa bumi terdeteksi. Bagaimana? Ke ski resort dengan shinkansen, keren bukan!.


Selain shinkansen terdapat juga berbagai jenis transportasi lain yang kita bisa gunakan dalam berkunjung ke tempat-tempat resort ski tersebut, misalnya Subway yang tersedia di semua kota-kota besar di Jepang, pesawat dengan fasilitas bandara yang banyak, jasa bus, maupun juga bila kita memilih menggunakan taxi.
Letih bermain ski, saya ingin coba mandi di onsen (permandian air panas). Setelah badan seharian bergerak, masuk ke onsen tentu adalah hal yang menyenangkan. Rileks di dalam air panas, tubuh yang tadinya dingin akan menjadi hangat, dan capekpun tentunya akan hilang seketika. Beberapa Onsen yang bisa didatangi adalah sebagai berikut:


1. Nyuto Onsen
Nyuto Onsen merupakan salah satu dari kumpulan ryokan onsen yang berlokasi di pegunungan timur prefektur Akita, yang menawarkan pemandian air panas di pedesaan. Banyak ryokan memiliki onsen yang terbuka dan menawarkan pemandangan salju di musim dingin.

Nyuto Onsen, Sumber Gambar: www.j-cul.com
2. Kusatsu Onsen
Kusatsu Onsen di Prefektur Gunma memiliki volume mata air panas yang besar dan secara konsisten mampu bertahan sebagai tujuan onsen terbaik bagi wisatawan.

Kusatsu Onsen, Sumber Gambar: www.j-cul.com
3. Minakami Onsen
Osenkaku, Takaragawa onsen, merupakan salah satu ryokan di Minakami Hot Springs yang memiliki pemandian outdoors terbesar di Jepang. Takaragawa Onsen adalah yang paling dekat dengan Tokyo.

Minakami Onsen, Sumber Gambar: www.visitgunma.jp
4. Okukinu Onsen
Okukinu Onsen adalah kumpulan empat ryokan panas di sebuah lembah terpencil di pegunungan Prefektur Tochigi.

Okukino Onsen, Sumber Gambar: www.j-cul.com
5. Manza Onsen
Manza Onsen terletak 1800 meter di atas permukaan laut, di lereng Gunung Shirane. Gunung ini menyediakan onsen dengan airnya yang kaya sulfat.

Manza Onsen, Sumber Gambar: www.j-cul.com
Jepang sendiri kaya dengan sumber air panas alami karena lokasinya termasuk di atas zona gunung berapi kawasan Samudera Pasifik. Itulah sebabnya di berbagai daerah di Jepang tersedia pemandian air panas dengan air yang disebut-sebut kaya dengan mineral, air panas alami ini katanya memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan
Selain bermain ski ataupun berendam air panas (onsen), hal menakjubkan di musim dingin di Jepang adalah adanya berbagai festival musim dingin. Kita tentu akan kebayang betapa seru dan menyenangkannya musim dingin di negeri ini apalagi dimeriahkan dengan berbagai festival unik lagi menarik. Festival-festival tersebut yakni:



1. Sapporo Snow Festival
Festival Salju Sapporo (Sapporo Yuki Matsuri) diadakan selama satu minggu setiap bulan Februari di ibukota Hokkaido Sapporo . Ini adalah salah satu acara paling populer musim dingin di Jepang.

Sapporo Snow Festival, Sumber Gambar: www.sweetphk.files.wordpress.com
2. Otaru Snow Light Path
Festival ini diadakan selama sepuluh hari setiap bulan Februari di Otaru, di mana kota didekorasi dengan lampu dan patung salju kecil. Kombinasi dari kota bersalju dan lentera berkilauan menciptakan suasana yang sangat menyenangkan dan romantis.

Otaru Snow Light Pack, Sumber Gambar: www.japan-guide.com
3. Asahikawa Winter Festival
The Asahikawa Winter Festival berlangsung lebih dari seminggu di awal Februari, memamerkan patung salju terbesar di Jepang. Tempat-tempat menarik lain yang ditemukan di festival ini termasuk sebuah kompetisi patung es, salju dan slide snowmobile rides.

Ashikawa Winter Fastival, Sumber Gambar: www.upload.wikimedia.org
4. Tokamachi Snow Festival
Tokamachi Snow Festival diadakan setiap tahun yang berlangsung selama tiga hari, kira-kira sekitar Sabtu-minggu ketiga Februari di Tokamachi, sebuah kota dengan intensitas salju terbesar di Jepang. Pengunjung dapat menikmati banyak patung salju, slide salju dan festival stalls.

Tokamachi Snow Festival, Sumber Gambar: www.tokamachishikankou.jp
5. Yokote Kamakura Festival
Festival Kamakura adalah salah satu festival musim dingin di daerah Tohoku yang mulai diadakan lebih dari 400 tahun yang lalu. Malam Festival Kamakura ini diadakan di kota Yokote, Akita.

Yokote Kamakura Festival, Sumber Gambar: www.iorise.com
Bagaimana? Asik bukan. Sehabis berski, onsen atupun menyaksikan festival paling asik langsung menikmati sajian kuliner musim dingin di negeri matahari terbit ini. Beragam sajian tersebut sering dikonsumsi selain untuk mengenyangkan juga untuk menghangatkan badan. Apa saja? Berikut Jawabannya:


1. Tori Zosui
Bila di Indonesia biasanya bubur ayam dijadikan sebagai menu sarapan, di negara Jepang ada sajian bubur khas musim dingin yang bernama ‘Tori Zosui’. Makanan ini merupakan makanan olah nasi yang mirip dengan bubur ayam, namun disana seperti sajian sup nasi yang dimasak dengan potongan ayam dan disajikan selagi masih panas.

Tori Zosui, Sumber Gambar: www.dreamersradio.com
2. Yosenabe
Pada musim dingin makanan sup selalu menjadi menu favorit, seperti sup tradisional khas Jepang yang satu ini, yosenabe. Yosenabe adalah sup dengan isi beragam seperti udang daging, sayur telur dan tahu yang dimasak dalam hotpot. Uniknya menu ini bisa dimasak diatas meja sambil langsung dimakan dalam keadaan masih sangat panas.

Yosenabe, Sumber Gambar: www.dreamersradio.com
3. Ramen
Sajian mie ini memang paling enak dinikmati untuk menghangatkan badan. Tak hanya dapat dibuat sendiri, biasanya orang Jepang akan keluar di malam hari untuk pergi ke kedai ramen menikmati sajian mie panas khas ini.

Ramen, Sumber Gambar: www.wagamama.com
4. Yudofu
Yudofo sendiri artinya tofu hot spot, yaitu sajian sup tahu lembut yang dimasak dengan kuah kaldu dan beragam sayuran. Umtuk menambah kenikmatan biasanya yudofo akan disantap dengan tambahan saus ponzu atau yuzu kosho. Saus ini terbuat dari bubuk cabai dan kulit jeruk serta garam.

Yadofu, Sumber Gambar: www.guesthouse-in-kyoto.com
5. Mizutaki
Sama seperti yudofu dan yosenabe, mizutaki juga merupakan hidangan sup yang dimasak dalam satu panci panas. Bedanya, mizutaki mencampurkan daging ayam, jamur, dan sedikit campuran kuah konbu (sejenis rumput laut) ke dalam rebusan panci.

Mizutaki, Sumber Gambar: www.panorama-tours.com
6. Oden
Oden adalah makanan khas musim dingin tradisional negara Jepang. Oden sendiri adalah fish cake yang disajikan dengan kuah kaldu ikan, Atau berbagai sajian kue-kue laut lainnya seperti bola ikan atau tahu ikan yang juga disajikan dengan tambahan kuah kaldu ikan segar, eh ada guritanya juga..

Oden, Sumber Gambar: www.japanwalker.jp
Kelihatan enak ya, jadi penasaran cobain guritanya. Selain itu ada lagi loh hal-hal menakjubkan lagi unik yang bisa kita temui saat musim dingin dingin di Jepang, berikut diantaranya:


1. Jigokudani Monkey Park
Salah satu onsen yang populer di Jepang, adalah onsen di Jigokudani Monkey Park, dimana Anda dapat berendam air panas bersama monyet-monyet gunung yang hidup liar di sekitar onsen tersebut. Ini akan menjadi pengalaman yang luar biasa bagi Anda.

Jigokudani Monkey Park, Sumber Gambar: www.zachfeuer.com
2. Ryuhyo (Drift Ice)
Laut Okhotsk pantai Hokkaido adalah wilayah selatan di belahan bumi utara, disini anda bisa melihat es hanyut. Es berasal dari Sungai Amur di Rusia hingga mencapai Hokkaido, yang terjadi biasanya pada pertengahan Januari hingga awal Februari kemudian menghilang lagi sekitar pertengahan Maret hingga pertengahan April. Pantai sekitar Abashiri dan pantai barat Semenanjung Shiretoko Ryuhyo ditemukan dalam jumlah yang besar.

Ryuhyo, Sumber Gambar: www.onlinejtbusa.com
3. Zao Snow Monsters
Tempat terbaik untuk melihat monster salju adalah di Zao Onsen, salah satu ski resort yang terkenal di pegunungan Yamagata Prefecture. Monster ini terbentuk oleh salju yang tertinggal di atas pohon dan membeku menjadi bentuk-bentuk yang unik . The Snow Monsters terbentuk di sekitar puncak Ski Resort Zao dan biasanya paling spektakuler sekitar pertengahan Februari.

Zao Snow Monster, Sumber Gambar www.a1.cdn.japantravel.com
4. Cranes di Kushiro Marshlands
Kushiro Shitsugen National Park di Hokkaido dibuka pada tahun 1987 dalam rangka melestarikan lahan basah terbesar di negara itu dan habitat rawa yang mendukung populasi yang dikenal dengan crane. Crane Jepang terancam punah di negeri ini. Meskipun tempat ini tidak menerima banyak hujan salju, namun menawarkan pemandangan alam, khususnya dari Crane Jepang yang muncul di sini selama musim dingin.

Cranes, Sumber Gambar: www.doublemesh.com
Penutup
Mengakhiri tulisan ini bagi anda yang memiliki rencana dalam waktu dekat ke Jepang, berikut hal-hal atau tips yang perlu anda dan saya juga perhatikan bila ingin berwisata musim dingin di Jepang:



Bagaimana? menarik bukan. Hingga kini saya masih saja menaruh hati dengan Negeri Jepang bukan saja karena semangat kerja keras yang selama ini telah menginspirasi banyak negara. Tetapi banyak hal-hal menakjubkan lain di musim dingin yang dapat kita temui di negeri ini. Bagi saya Jepang memiliki tempat tersendiri, negeri ini adalah masa kecil kami, yakni saya dan anak-anak 90an yang lain.


Oh iya bagi anda yang ingin wisata ke Jepang, masih ada satu tips keren lagi nih buat anda. Tipsnya yakni pilihlah travel terpercaya dan berpengalaman dalam mengatur perjalanan anda agar berjalan sebaik mungkin penuh kesan. Untuk hal ini saya menyarankan untuk menggunakan jasa H.I.S Travel Indonesia karena sudah terpecaya dan berpengalaman melayani pelanggan yang ingin melihat dunia.


Nah bagi yang penasaran dengan trip ke Jepang, H.I.S selalu mengadakan "Travel Briefing to Japan" setiap sabtu kedua dan keempat setiap bulannya secara gratis. Di acara ini kita bisa mengetahui tempat-tempat paling menarik di Jepang, makanan yang paling enak, tempat membeli oleh-oleh, tempat menikmati sakura, dan lain-lain. Untuk jadwalnya sobat bisa mengeceknya di link ini. Selain itu H.I.S memiliki layanan Japan Tour HAnavi untuk memberikan kita harga tour yang lebih murah dan kita bisa memilih sendiri penerbangan dan hotel yang akan digunakan. Lebih lanjut sobat bisa cek Japan Tour HAnavi disini

Bagaimana makin penasaran kan menikmati bagaimana menakjubkannya liburan musim dingin di Jepang? Ayo mulai sekarang menabung deh biar kapan-kapan bila tabungan cukup, sobat bisa berangkat ke Jepang (Saya juga (_ _!)). Oh iya kalau sobat sudah tidak sabar ingin ke Jepang masih ada loh cari mudah untuk kesana. Mulai 31 Januari 2016 hingga 28 Februari 2016, H.I.S mengadakan kompetisi blog, "Amazing Sakura" dengan hadiah dua tiket gratis tour ke Jepang, wah kan. Disitu kita hanya menceritakan bagaimana Jepang begitu menakjubkan buat kita, yang kita tulis di blog masing-masing, untuk info lebih lengkap klik disini.

Sampai jumpah lagi di artikel berikutnya ya. :-)





Referensi:
http://id.wikipedia.org
http://his-travel.co.id
http://www.jnto.or.id/
http://id.jp-rail.com
http://j-cul.com
http://travel.detik.com
http://dreamersradio.com
http://gyw.japan-photocontest.jp
http://kaskus.co.id
http://lifestyle.okezone.com




Comments
38 Comments

38 comments:

  1. belum pernah terbersit mau ke Jepang, gara2 ini jadi ngiler ke Jepang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hha, ayo mba nabung... paket murah meriah tour ke Jepang dari H.I.S bisa cek disini http://his-travel.co.id/japan-tour-hanavi

      Delete
  2. mau ketemu AKB48 juga ya?.. hahaha

    ReplyDelete
  3. menarik artikelnya, kapan ya saya bisa ke jepang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih bro,.. ayo nabung mulai dari sekarang.

      Delete
  4. penjelasannya lengkap tapi ga ngebosenin bacanya. saya jg jadi pengen ke Jepang

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih2 bro. ayo nabung mas... hhe

      Delete
  5. Onsen mandi bugil, tapi yg bugil batangan semua. Sama aja.

    ReplyDelete
  6. tulisannya informatif, keren banget.. (y)

    ReplyDelete
  7. indo sekarang jg udah bangun kereta cepat kan, berarti kita telat 53 tahun.

    ReplyDelete
  8. keren. semangat amat nulisnya mas, saya doakan yang terbaik. amin

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin.. ini biar bisa ke jepang mas :)

      Delete
  9. kapan ya saya ke jepang? hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. nabung mas, H.I.S ada paket murah meriah kok ke jepang. cek aja..

      Delete
  10. saya jg pernah baca, memang shinkansen itu bukan nama kereta apinya, tp lintasannya. tp lupa baca dimana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha. iya bener mas/mba... itu merujuk untuk jalur kereta apinya, bukan nama kereta apinya. Ya tp apalah artinya sebuah nama...

      Delete
  11. andai ya kita punya musim dingin juga.

    ReplyDelete
  12. lengkap penjelasannya, bikin mupeng ke jepang. saya yakin dapat juara ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin. perasaan tiap ada post baru, komennya itu mulu. haha. tapi semoga ya. amin...

      Delete
  13. jepang memang punya banyak hal-hal menakjubkan, keren. semoga juara.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aminn, iya mba.. jepang itu menakjubkan

      Delete
  14. Replies
    1. iya terima kasih, terima kasih juga sudah dtg berkunjung

      Delete
  15. udah banyak yg review ttg His, salah satu travel paling baik ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, mas H.I.S mmg paling recomended bagi yang mau travel keluar negeri

      Delete
  16. ini bikin kita ada gambaran yang cukup bila sewaktu2 ada rejeki pergi ke Jepang

    ReplyDelete
  17. Ajak2 juga sy ke jepang kalo sukses mko nah..

    ReplyDelete
  18. Nabung deh buat jalan2 ke jepang

    ReplyDelete

Orang baik meninggalkan pesan